Tak Punya Target, Ruben Onsu Produseri Film Bus Om Bebek

Selasa, 29 Oktober 2019 - 15:45 WIB
Tak Punya Target, Ruben Onsu Produseri Film Bus Om Bebek
Tak Punya Target, Ruben Onsu Produseri Film Bus Om Bebek
A A A
JAKARTA - Presenter Ruben Onsu menjalani debutnya dalam dunia perfilman Indonesia dengan menjadi produser film nasional kategori anak berjudul Bus Om Bebek. Ini tentu menjadi pengalaman baru bagi suami Sarwendah Tan tersebut.

Karena itulah, untuk film dijadwalkan akan tayang pada Januari 2020 ini, Ruben mengaku tidak memiliki target yang tinggi untuk film pertama yang diproduserinya ini. Dia pasrah dengan hasil yang akan didapatkan nantinya.

"Ini hal yang baru dijalani. Ya cap cip cup buah manggis aja, Mas. Kalau untung ya modalnya bisa balik, kalau enggak ya enggak. Itu yang saya bilang, dibalikin ke masyarakat lagi," kata Ruben kepada SINDOnews seusai launching Produser 10.000 di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta Selatan, Senin (28/10/2019).

Bisa dikatakan, Bensu—sapaan akrab Ruben Onsu—masih awam ketika terjun sebagai produser film. Pengalaman barunya ini lantas membuatnya sampai meminta dan mendengar masukan dari sejumlah orang yang berkompeten di industri film Indonesia. Dia sampai berkonsultasi tentang peluang dan untung-rugi menjadi pemodal utama penggarapan film. Setelah mendengar masukan dan konsultasi sana sini, Ruben akhirnya mantap membuat film musikal anak-anak berjudul Bus Om Bebek yang digarap bersama Sanggar Ananda.

Presenter kelahiran Jakarta, 15 Agustus 1983 ini tertarik terjun meramaikan industri film dan menjadi produser setelah sebelumnya hanya terlibat sebagai pemain karena modal nekat. Ruben mengaku nekat menjadi produser berdasarkan pengalamannya ketika membangun brand makanan, Geprek Bensu, dari nol.

"Ketika saya bisnis makanan dan berhasil, semuanya ikut. Sekarang saya ambil peluang baru (menjadi produser) dan mudah-mudahan ini bisa berhasil dan menginspirasi (artis) yang lain," kata Ruben.

Film perdana yang digarap Ruben bersama sutradara Aditya Gumay ini bergenre keluarga yang banyak menampilkan cerita anak. Sejak awal, Ruben merasakan film bertema anak selama ini masih sulit atau mendapatkan sambutan baik pecinta film Indonesia. Makanya, dirinya dan Aditya mencoba mengemas film ini dengan kemasan musikal, dengan harapan film ini bisa diterima penonton film Tanah Air.

“Saya berusaha saja menampilkan yang baik dan mudah-mudahan dapat penonton yang baik. Kalau penontonnya tidak banyak, anggap saja belum rejeki Karena karya menemukan nasibnya masing-masing dan saya itu tipe orang yang kalau gagal ya coba lagi pokoknya no hard feeling kerja dari hati saja. Kapan berhasilnya? Semuanya sudah ada garisnya," kata Ruben.

Ketika ditanyakan berapa nilai investasi untuk menggarap film jenis musikal itu, Ruben enggan menjawabnya. Dia hanya tertawa. "Lumayan banyak, sampai miliaran lah mas," ujar dia.

Film Bus Om Bebek ini rencananya akan tayang pada Januari 2020, Ruben mengatakan film ini merupakan drama musikal untuk anak-anak. Dia pun akan mengajak ketiga anaknya untuk melihat film yang dibuat sarat dengan nilai edukasi.

Ke depannya, Ruben tidak ingin membuat rumah produksi seperti sahabatnya Raffi Ahmad dengan RA Picturesnya. "Kalau film ini, sifatnya membantu. Aku belum kepikiran bikin PH, aku jadi produser di PH-nya Mas Aditya Gumay," tutur Ruben.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6369 seconds (0.1#10.140)